Friday, March 25, 2016

Sharing is Caring


Judul dari postingan ini memang biasa dan tidak menarik, ya begitulah caraku menekan sifat show off ku yang baru-baru ini kusadari ternyata cukup dominan dalam diriku, thanks @theolyvia untuk pertanyaan simplenya, "Kamu sebenernya bukan tipe orang yang suka 'mengajar' kan?", pertanyaan yang memicuku untuk berpikir sejauh ini... Aku memang tidak pandai mengajari orang lain, dan ternyata hal ini cukup mempersulit hidupku, mengajar ternyata tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tapi juga buat diri kita sendiri.

Dan ternyata aku adalah tipe orang yang lebih mementingkan show off, ditambah lagi dengan menjamurnya media sosial / social media (socmed) saat ini, aku senang mendapat banyak pujian (like, comment, share, view, dsb.) yang mungkin sifatnya hanya maya belaka, aku bertambah senang dan bangga jika semakin banyak pujian yang kudapat di socmed. Jumlah pujian yang kudapat selalu kujadikan tolok ukur kesuksesanku. Lalu apa aku memikirkan manfaat berikutnya? Ya tentu aku berharap bisa lebih dikenal oleh orang banyak... Manfaat lainnya aku belum perna memikirkannya sama sekali. Aku sudah terperangkap dan seiring dengan berjalannya waktu ini menjadi sifatku yang semakin mendarah daging (benar-benar harus dihilangkan).

Hal lain yang membuatku susah untuk mengajar adalah karena aku kurang percaya kemampuan orang lain, mungkin aku terlalu meremehkan atau memandang sebelah mata orang lain. Sehingga pada saat aku mencoba mengajari orang lain, aku selalu menganggap remeh yang kuajari, sehingga ujung-ujungnya aku lebih memilih mengerjakan hal itu sendiri (tentunya dengan bonus kekesalan dan rasa jengkel yang luar biasa), efeknya tentu lebih buruk bagi diriku sendiri dibandingkan bagi orang lain.

NOTE TO MY SELF :
"Trust Others, Trust them... Share what You Have... Be Patient... Be Humble..."